Friday, April 7, 2017

12 Tips cara mempercepat kinerja komputer

12 Tips cara mempercepat kinerja komputer


Seperti halnya rumah atau mobil, komputer perlu di Check Over, dibersihkan, dan di tune up setidaknya setahun sekali. Akan lebih baik jika Anda melakukannya sekali per bulan. Seiring waktu, file-file yang ada di komputer akan menjadi berantakan, oleh karena itu perlu kita bersihkan file yang tidak begitu penting di computer.

Jika komputer tidak kita jaga dan tidak dimaintenance, kemungkinan kinerja semua sistem Microsoft Windows cenderung menurun. Ini akan membuat sistem menjadi lambat menanggapi tindakan pengguna seperti membuka file, folder, berselancar di Internet dan tugas-tugas lainnya.

Namun, ada hal yang dapat kita lakukan untuk mempercepat kinerja komputer. Tepatnya, Anda harus menghapus segala sesuatu yang dapat menyebabkan crash, memperlambat kecepatan, pembekuan sistem, dan hal-hal lain yang dapat menghambat kinerja komputer.

Pada posting kali ini, saya akan mengulas 12 tips tentang cara mempercepat kinerja komputer yang lambat agar dapat kembali bekerja secara maksimal.

1. Maintenance Secara Teratur

Seiring berjalannya waktu ketika kita menggunakan sebuah komputer, semua data yang tersimpan di komputer akan tersebar tidak beraturan jika data tersebut tidak tetap diatur, kemungkinan juga terjadi bad sector, atau bahkan beberapa file atau folder mungkin hilang. Untuk mengatasi masalah ini ada 3 langkah yang harus dilakukan untuk mengatasinya :

1. Defragment hard disk Anda
2. Lakukan Scandisk (chkdisk) pada hard disk
3. Jalankan Disk Cleanup untuk Windows Anda

Defragment hard disk

2. Disable Proses yang tidak penting

Ketika PC baru dihidupkan, banyak proses windows yang berjalan tanpa kita sadari. Sebagian besar Proses tersebut adalah yang diperlukan oleh Windows dan perangkat lunak keamanan seperti anti-virus dan firewall. Namun kadang-kadang, proses program yang tidak diperlukan juga dapat berjalan di latar belakang, tentu saja ini menggunakan sumber daya komputer dan dapat memperlambat kinerja computer.

Untuk mengatasi hal semcam ini, masuk pada Task Manager dengan menekan CTRL dan ALT kemudian tekan tombol DELETE sekali. Pada tab Aplikasi terdapat daftar program seperti Internet Explorer, Word dan folder yang Anda buka. Klik salah satu program yang kira-kira tidak digunakan kemudian klik tombol End Task untuk menghentikannya.

Disable Process

3. Hapus Program Asing, Spywares, Virus dan Worms

Sebuah spyware atau virus juga bisa menjadi alasan terbesar mengapa komputer Anda menjadi sangat lambat. Memperlambat Komputer anda bukanlah satu-satunya tujuan dari virus, akan tetapi juga dapat mencuri data pribadi Anda, membuat windows crash, menghancurkan file dan folder dan lain-lain. Anda harus segera mengambil tindakan untuk menghapus semua ancaman virus ini.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menginstal Program Anti-Virus, kemudian scan Komputer Anda untuk menghapus semua ancaman yang ditemukan, gunakan kontrol sistem keamanan yang ditawarkan oleh program anti-virus yang anda gunakan.

4. Bersihkan Registry Windows

Apa itu registriy? Dalam sistem operasi Microsoft Windows dimulai sejak Windows 95, registry adalah satu-satunya tempat untuk menyimpan informasi tentang hardware yang terpasang, bagaimana memori komputer diatur, dan apa program aplikasi yang hadir saat sistem operasi dimulai. Registry terus berjalan ketika Anda menggunakan Windows. Seiring penggunaan Komputer, Registry bisa juga menjadi berantakan dan terfragmentasi sehingga dapat menurunkan kinerja dari seluruh sistem dan menyebabkan banyak masalah pada software dan berbuntut pada lambatnya kinerja komputer.

Untuk membersihkan Registry anda bisa memanfaatkan aplikasi CCleaner, TuneUp Utility atau aplikasi sejenisnya yang dapat mengembalikan kondisi registry menjadi normal kembali.

5. Bersihkan Fisik Komputer

Mungkin ini terdengar agak konyol, tapi Anda memang perlu melakukan hal ini. Dengan berjalannya waktu, bagian dalam komputer Anda mungkin tersumbat dengan debu. Debu dapat menyebabkan masalah panas dan akhirnya memperlambat kinerja komputer atau dalam beberapa kasus serius hardware computer Anda bisa rusak. Saya sarankan Anda untuk membersihkan secara fisik komputer Anda setidaknya dua kali setahun untuk kinerja terbaik.

Caranya cukup gampang, tinggal buka penutup casing kemudian sapukan kuas yang bersih pada bagian mesin computer yang dipenuhi dengan debu. Dengan melakukan cara ini juga lumayan membantu kinerja computer agar dapat bekerja secara optimal.

6. Setting Virtual Memory

RAM (Random Access Memory) adalah Tempat di mana Sistem Operasi, Program atau Aplikasi yang sedang digunakan saat ini disimpan, sehingga lebih cepat dicapai oleh Processor komputer. RAM jauh lebih cepat untuk membaca atau menulis dibandingkan dengan perangkat penyimpanan seperti hard disk. Virtual memory adalah memori yang dibuat dengan menggunakan hard disk yang meniru RAM (random-access memory). Hal ini memungkinkan Komputer bekerja seolah-olah memiliki memory lebih dari yang sebenarnya, akan tetapi tentu saja itu tidak secepat RAM.

Cara mengaksesnya adalah klik kanan pada My Computer – Properties - Advanced System setting – Pilih tombol setting pada bagian Performance – Advance - Change. Hilangkan cetang pada Automaticly manage paging file size for all driver lalu pilih custom size.

Setting Virtual Memory

Pada kotak Initial Size (MB) isikan nilai: 2876 dan pada kotak maximum size (MB) isikan nilai : 3000. Besarnya nilai yang diiskan tidak mutlak harus sama seperti yang saya contohkan, tergantung dari space yang tersedia pada masing-masing drive hard disk anda, ini bisa dilihat pada bagian Space Available.

7. Hapus Program yang tidak penting

Beberapa program akan berjalan tanpa sepengetahuan Anda, bahkan jika Anda tidak membuka program sekalipun. Oleh karena itu program ini akan memakan sumber daya komputer Anda dan memperlambat kinerja komputer. Saya yakin ada banyak software di komputer Anda yang tidak terlalu dibutuhkan, jika software tersebut tidak terlalu penting sebaiknya dihapus saja agar kinerja komputer menjadi lebih optimal.

Cara melakukannya cukup mudah, pada Windows XP: Klik Start, Control Panel, klik dua kali pada Add or Remove Programs. pada Windows 7 atau Vista: Klik Start, Control Panel, klik Uninstall program, tentukan salah satu software yang akan dihapus lalu pilih Uninstall.

Uninstal Program

8. Kurangi Ruang Hard Disk yang digunakan

Mengurangi ruang hard disk yang digunakan dapat membuat komputer menulis dan membaca data lebih cepat. Hal ini terkait dengan tips menguninstall software di atas. Dengan meng-uninstall program itu berarti kita memberikan beberapa ruang kosong untuk hard disk sehingga berdampak juga terhadap kinerja computer yang semakin cepat. Namun untuk file atau folder tidak akan muncul dalam daftar program uninstall seperti foto, video dan catatan. Jadi kita harus menghapusnya secara manual dari tempat file atau folder tersebut tersimpan.

9. Kurangi icon dan shortcut pada desktop

Banyak ikon di desktop berarti membutuhkan lebih banyak waktu dalam melakukan proses loading pada komputer. Untuk menjaga agar computer menjadi lebih cepat, sebaiknya usahakan desktop tetap terjaga sebersih mungkin dari icon-icon yang tidak begitu penting. Percayalah, trik ini juga lumayan berpengaruh terhadap kecepatan kinerja computer anda.

10. Update Driver

Dengan mengupdate driver berarti hardware Anda akan berjalan pada kinerja puncak. Dengan mengupdae driver, itu berarti masih banyak kekurangan-kekurangan pada driver sebelumnya telah, dan sistem Anda akan memiliki crash lebih sedikit sehingga dapat mempercepat kinerja komputer. Dengan meng update driver berarti akan membuka fitur dan opsi konfigurasi yang baru perangkat computer Anda, terutama pada driver VGA. Untuk memperbarui driver, Anda harus merujuk ke situs resmi setiap perangkat keras dan mencari driver terkait.
Biasanya, driver yang paling umum diupdate adalah :
1. Kartu Grafis (VGA)
2. Motherboard (chipset)
3. Kartu Suara
4. Kartu jaringan
5. Keyboard dan Mouse
6. Monitor

11. Overclocking

Teknik ini sangat tidak dianjurkan. Overclocking adalah proses menjalankan komponen komputer pada clock dengan tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan standar yang telah dirancang atau ditentukan oleh produsen, biasanya hal ini dilakukan oleh para penggemar computer yang hobby utak atik hardware untuk mendapatkan kinerja computer yang maksimal.

Overclocking juga membutuhkan daya listrik lebih banyak untuk menjalankan hardware tertentu dan menyebabkan suhu meningkat (tergantung pada seberapa banyak clock rate telah ditweak). Suhu adalah titik kunci berhasilnya overclocking. Misalnya, untuk overclock prosesor 2.5GHz menjadi 3.0GHz, mungkin perlu peningkatan suhu hingga 90 derajat celcius atau lebih dan ini tentu saja memerlukan alat pendingin yang eksta.

12. Gunakan Hardware yang berkualitas

Tentu saja, jika Anda mampu untuk membeli komponen baru untuk komputer Anda, itu adalah cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan PC Anda. Tapi pastikan Anda tidak membuang uang Anda pada bagian perangkat keras yang tidak perlu.

Anda tidak perlu membeli kartu grafis yang luar biasa terbaru jika Anda bukan seorang gamer. Beli saja RAM tambahan jika Anda menjalankan banyak program pada satu waktu. Dan beli saja hard disk tambahan jika Anda memiliki banyak file yang membutuhkan kapasitas besar untuk disimpan. Gamer, programer atau desainer memang memiliki prosesor dan kartu grafis yang lebih baik dari pada pengguna computer biasa.

Baca Juga Cara menampilkan Icon Desktop yang hilang

Available link for download