Wednesday, November 30, 2016

4 Game Platformer Multiplatform Menarik Yang Pantas Untuk Ditunggu

4 Game Platformer Multiplatform Menarik Yang Pantas Untuk Ditunggu


minggu ini saya kembali lagi dengan Watch List, sebuah artikel yang berisi rekomendasi game-game yang patut kamu tunggu kehadirannya. Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang game horor dan RPG yang pantas ditunggu, maka kali ini saya kembali untuk membahas mengenai game platformer paling menjanjikan yang akan dirilis di masa depan.
Sebagai seorang gamer, sudah tentu mayoritas dari kita pernah terekspos terhadap genre platformer. Hal ini tidak mengejutkan karena di awal tahun 90-an, industri video game dikuasai oleh genre platformer melalui game-game seperti Super Mario, Sonic the Hedgehog, Donkey Kong, Metroid, Castlevania, Megaman, dan lain sebagainya. Ini mungkin terjadi karena terbatasnya teknologi saat itu, sehingga hampir semua game action atau adventure muncul sebagai game platformer. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, mulai muncul berbagai variasi dari game bertema petualangan atau action dan mulai banyak game yang meninggalkan genre platformer (Castlevania dan Metroid merupakan salah satu contohnya).
Meskipun banyak seri yang sudah meninggalkan genre platformer, tapi genre platformer tetap hidup. Setiap tahun juga semakin banyak game platformer baru dengan variasi-variasi unik. Bahkan 5 dari 10 game indie terbaik menurut Games in Asia adalah game platformer. Kalau begitu, tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja kita mulai daftar minggu ini.

Mighty No. 9Mighty No 9 - Concept 1 | Feature

Siapa sih yang tidak kenal dengan Megaman (atau Rockman untuk versi Jepangnya), tokoh yang terkenal dengan sebutan The Blue Bomber ini merupakan jagoan buatan Capcom yang pertama muncul di konsol NES. Megaman merupakan hasil karya Keiji Inafune saat beliau baru masuk Capcom 26 tahun yang lalu. Sayangnya, meskipun memiliki banyak fans setia, Capcom sepertinya tidak peduli terhadap seri ini dan menelantarkannya begitu saja, membuat banyak fans menuntut Capcom untuk lebih memperhatikan Megaman.
Mighty No 9 - Concept 2 | FeatureMighty No 9 - Concept 3 | Feature
Pada tahun 2010 Keiji Inafune meninggalkan Capcom dan mendirikan perusahaan dia sendiri bernama Comcept. Pada September 2013, Keiji Inafune meluncurkan Kickstarter untuk penerus spiritual Megaman yang diberi nama Mighty No. 9. Mendengar berita ini tentu saja fans platformer, terutama fans Megaman, kontan langsung bergembira. Setelah menanti bertahun-tahun, akhirnya para fans mendapatkan harapan untuk memainkan penerus spiritual Megaman yang dibuat oleh kreator Megaman sendiri.
Mighty No 9 - Fan Comic | Feature
Komik strip tribute dari fans untuk Megaman dan Mighty No 9
Kegirangan fans ini bisa dilihat dari bagaimana game yang meminta uang Kickstarter yang  cukup besar ini berhasil mencapai target awalnya, US$900.000, hanya dalam waktu satu hari saja. Dalam waktu sekejap pun muncul puluhan fan art Mighty No. 9, dan pada akhir masa funding, game ini berhasil menembus seluruh stretch goals yang ada. Hal ini jelas luar biasa mengingat game ini baru muncul dalam bentuk concept art saja. Game ini direncanakan untuk dirilis pada 2015 untuk Windows, Mac, Linux, PS3, Xbox 360, Wii U, PS4, Xbox One, PS Vita, dan 3DS.

Shantae: Half-Genie Hero

Shantae Half-Genie Hero | Feature
Shantae: Half-Genie Hero adalah sebuah game platformer buatan WayForward, developer dibalik beberapa game platformer dengan license seperti Batman, Adventure Time, dan Duck Tales Remastered. Game ini merupakan sequel dari game Shantae yang sebelumnya dirilis untuk Gameboy Color. Perbandingan grafis game pertama dan game terbaru ini bisa dibilang cukup jauh, untuk contoh kamu bisa lihat perbandingan dua gambar di bawah.
Shantae Old Screenshot | Feature
Shantae New Promo | Feature
Perbandingan grafis Shantae lama dan baru
Dalam game ini, kamu akan memerankan Shantae, seorang setengah jin dan manusia yang bertarung dengan gaya layaknya seorang penari perut. Shantae bertarung dengan menggunakan rambutnya yang ia gunakan layaknya cambuk ke musuhnya. Selain itu Shantae juga bisa melakukan tari perut yang dapat merubah dirinya ke berbagai wujud binatang untuk membantu petualangan dia.
Shantae Kickstarter Launch | Feature
Shantae Screenshot | Feature
Shantae direncanakan akan dirilis akhir 2014 untuk PS Vita, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Wii U, dan Windows. Jika kamu tertarik dengan detail lebih lanjut game ini, langsung saja cek Kickstarter game ini yang dijalankan bersamaan dengan Mighty No. 9 September kemarin.

Apotheon

Apotheon Preview 1 | Feature
Apotheon merupakan game buatan Alientrap, developer dibalik game platformer Capsized. Salah satu hal yang paling mencolok yang dapat dilihat dari game ini adalah art direction yang luar biasa unik. Kalau kamu suka mengikuti cerita dengan setting Yunani kuno, kamu tentu sering melihat lukisan-lukisan unik yang tergambar di kendi-kendi Yunani. Game Apotheon memiliki grafis dengan gaya gambar seperti lukisan-lukisan tersebut, membuat nuansa Yunani yang menjadi dasar utama cerita game ini semakin terasa. Tidak hanya grafisnya yang unik, pergerakan karakter-karakter serta objek-objek dalam game ini juga terlihat sangat halus, kalau penasaran langsung saja cek trailer di bawah.
Click here to view the embedded video.
Selain mode single player layaknya game platformer pada umumnya, Apotheon juga akan mendukung multiplayer dalam bentuk team based dan juga deathmatch. Implementasi multiplayer tentu saja terdengar sangat menarik, apalagi setelah melihat bagaimana pergerakan karakter pada trailer di atas. Sampai saat ini Apotheon baru direncanakan untuk dirilis di Windows, belum diketahui apakah Alientrap akan merilis game ini ke konsol atau OS lain nantinya.
Apotheon Preview 2 | Feature
Apotheon Preview 3 | Feature
Apotheon Preview 4 | Feature

Pixeljunk Inc.

Pixeljunk Inc. Preview 1 | Feature
Pixeljunk Inc. merupakan game yang termasuk dalam seri Pixeljunk buatan Q-Games, sebuah studio game indie dari Jepang yang beranggotakan beberapa ekspatriat serta orang Jepang sendiri. Game ini memiliki visual yang sangat cerah dan tema cerita yang cukup konyol. Dalam game ini kamu akan mengendalikan dua orang petualang luar angkasa yang sedang berencana membangun pabrik untuk memproduksi sup. Tidak perlu kebingungan, yang dimaksud dengan sup di sini sama dengan apa yang ada di pikiranmu, yaitu sayur sup.
Pixeljunk Inc. Preview 2 | Feature
Karakter dalam game ini ada dua petualang yang memiliki senjata laser dengan fungsi yang berbeda. Karakter pertama memegang laser negatif yang berfungsi untuk menghancurkan sesuatu, dan satunya memegang laser positif yang berfungsi untuk menciptakan sesuatu. Dengan senjata ini, kamu akan membangun pabrikmu, sambil menanam bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sup. Selain itu, kamu juga harus melawan monster-monster sayuran yang setelah kamu kalahkan bisa dijadikan bahan untuk membuat sup juga.
Pixeljunk Inc. Preview 3 | Feature
Pixeljunk Inc. Preview 4 | Feature
Gameplay dari game ini merupakan 2D platformer dengan elemen simulasi di dalamnya. Elemen simulasi di game ini terdapat di bagian mengatur pabriknya. Tidak seperti game Pixeljunk sebelumnya yang selalu dirilis di konsol atau handheld milik Sony, Pixeljunk Inc. direncanakan akan dirilis untuk Windows melalui Steam akhir tahun ini. Setelah itu jika sukses, maka Q-Games baru akan mempertimbangkan versi Mac, Linux, dan konsol.

Honorable Mention

Harold

Harold Announcement 1 | Feature
Harold adalah sebuah game platformer yang sangat unik buatan Moonspider Studio. Dalam game ini, kamu tidak mengendalikan karakter yang berjalan, tapi kamu akan mengendalikan malaikat pelindung dari karakter tersebut yang akan membantu karakter supaya dia tidak sampai celaka. Dalam game ini kamu memainkan Gabe, seorang malaikat pelindung untuk seorang pelari bernama Harold. Selain mencegah hal buruk terjadi pada Harold, kamu juga harus memastikan Harold dapat memenangkan balapan lari yang sedang dia jalankan. Namun, tantangan terbesar dalam game ini tidak datang dari pelari lain atau dari desain level, hal yang menjadi tantangan utama adalah kebodohan dari Harold sendiri yang sepertinya selalu tertimpa sial setiap saat.
Harold Announcement 2 | Feature
Selain gameplay unik dan cerita yang lucu, game ini juga memiliki visual yang sangat indah. Hal ini tidak mengherankan karena memang game ini dikerjakan oleh orang-orang yang sebelumnya pernah bekerja untuk Studio Ghibli dan Dreamworks. Namun sayangnya game yang sudah diumumkan sejak pertengahan 2012 ini sudah tidak ada kabar lagi (itulah sebabnya game ini masuk honorable mention). Awalnya game ini direncanakan akan dirilis untuk tahun ini, tapi sayangnya tidak ada kabar lagi dari tim developer mengenai progress mereka. Menurut saya pribadi Harold adalah game dengan premis yang sangat menjanjikan, akan luar biasa sekali jika seandainya game ini dapat selesai dan dirilis di pasaran suatu saat nanti. Untuk sekarang, sepertinya kita hanya dapat menikmati screenshot-screenshot yang menarik dari game ini.
Harold Announcement 3 | Feature
Harold Announcement 4 | Feature

Demikianlah pembahasan Watch List saya minggu ini. Minggu depan saya akan kembali lagi dengan rekomendasi-rekomendasi apik lainnya. Jangan lupa kalau kamu ada request atau pertanyaan, langsung saja tulis di bagian komentar.
[Watch List] adalah segmen mingguan di Games in Asia ID dimana kami akan merangkum game-game skala kecil sampai menengah yang menarik dan pantas ditunggu. Kalau kamu ada pertanyaan atau rekomendasi soal segmen ini langsung saja komentar di bawah atau hubungi langsung fahmi@gamesinasia.com atau melalui twitter @fahmihasni.
Post [Watch List] 4 Game Platformer Multiplatform Menarik Yang Pantas Untuk Ditunggu muncul terlebih dahulu di Games in Asia Indonesia.

Available link for download