Wednesday, November 9, 2016

4 Program Untuk Mempercepat Kinerja Komputer Anda

4 Program Untuk Mempercepat Kinerja Komputer Anda


4 Program Untuk Mempercepat Kinerja Komputer Anda
 
Ada banyak hal yang menyebabkan komputer kita bekerja begitu lambat. Kurangnya pemeliharaan sistem mungkin bisa jadi salah satu faktor utama yang menyebabkannya. Disinilah peranan penting progran-program pemelihara sistem (utility software) komputer sangat dibutuhkan.

Pada postingan kali ini akan saya jelaskan beberapa software yang berguna untuk mempercepat kinerja komputer. Saya sarankan untuk menggunakan keempat software di bawah ini untuk kita jadikan sebagai software andalan dalam merawat sistem komputer kita. Keempat software ini bisa didownload secara gratis di masing-masing website resminya.

Mempercepat Kinerja Komputer

Mscinfig
Msconfig merupakan program yang tertanam pada Windows yang berguna untuk kita mengatur program yang berjalan saat starup. Menggunakan program ini juga merupakan langkah awal dalam menangani masalah komputer yang lambat. Dengan msconfig kita bisa mematikan beberapa program yang pada waktu komputer startup. Gunakan shorcut keyboard Win+R untuk memunculkan jendela Run, setelah itu ketikkan msconfig lalu OK.

software untuk mempercepat komputer

Pada tampilan di atas beberapa program yang berjalan saat startup sudah saya matikan. Karena memiliki banyak program yang startup ketika  komputer booting adalah salah satu penyebab utama waktu boot begitu lama, tapi kebanyakan para pengguna komputer tidak menyadari akan hal ini. Cobalah untuk membuang centang untuk mematikan beberapa program yang tidak penting. Jangan lakukan ini sembarangan yah... Hati-hati sebelum bermain-main dengan program ini. Karena salah centang berpotensi mengacaukan fungsi dari beberapa program kita.

Revo Uninstaller
Komputer atau laptop yang kita gunakan begitu lambat mungkin saja disebabkan oleh banyaknya software yang tidak penting yang pernah kita install lalu kita uninstall melalui tool pada Control Panel Widows. Saat sebuah program kita uninstall menggunakan Windows, hal ini tidak serta merta jejak program itu hilang dari komputer kita. Sisa jejak mereka masih ada pada sistem registry hingga lama-lama jika kita terus-menerus meng-uninstal program melalui Windows akan terjadi penumpukan sampah pada sistem registry yang mempuat komputer kita menjadi lambat.


Untuk mengatasi hal di atas kita memerlukan program uninstaller yang bisa berfungsi dengan maksimal untuk meng-uninstall program sampai ke akar-akarnya (sistem registry). Sejauh ini Revo Uninstaller menjadi yang terbaik daripada software-softwar sejenisnya. Dengan tampilan yang sangat mudah untuk digunakan, software ini juga ampuh membuang software hingga bersih. Silahkan menuju website resminya untuk download Revo Uninstaller secara gratis, pilih yang freeware. Jika kawan lebih menyukai versi portable dari software ini, silahkan menuju portableapps.com.

Download Revo Uninstaller

CCleaner
CCleaner merupakan utility software yang sudah sangat populer diantara para pengguna komputer dengan kemampuannya membersihkan file-file sampah yang terdapat pada komputer baik itu file temporary, key registry yang rusak, file pada recycle bin, membersihkan jejak setelah kita melakukan browsing pada web browser, dan masih banyak lagi fungsi yang lain yang intinya berguna untuk menyapu bersih semua file sampah pada komputer.

software untuk mempercepat komputer

Sama seperti Revo Uninstaller jika CCleaner juga sangat mudah untuk digunakan dan mendukung bahasa Indonesia. Kita tinggal menekan tombol Analyze untuk menganalisa setelah itu tekan Run Cleaner. Jika hendak membersihkan registry, tinggal pindah tab Registry lalu tekan Scan for Issues untuk melakukan proses scan kemudian tekan Fix selected issues. Kawan bisa download CCleaner versi installer dan portable. Keduanya tersedia di website resminya, pilih yang free.

Download CCleaner

Defraggler
Setelah kita membersihkan semua file yang tidak diperlukan dari komputer kita, sekarang ada baiknya kita mengatur kembali harddisk kita dengan menaruh kepingan data yang terkait secara bersama sehingga file-file akan teratur dan menjadi berdampingan. Hasilnya, sistem dapat membaca file-file dengan lebih cepat dan efisien. Dengan mengatur file dan folder secara efisien, defragmenting akan meninggalkan sisa ruang kosong di harddisk dalam satu kepingan besar. Ini akan menyebabkan file baru yang akan disimpan nantinya menjadi urut, lalu akan mengecilkan kemungkinan akan terdefragmentasi lagi di masa depan.

software untuk mempercepat komputer

Meskipun hal ini mungkin tampak seperti bukan masalah besar bagi kebanyakan orang, namun semakin banyak file terbagi, semakin lama waktu yang dibutuhkan komputer untuk mengakses file tersebut.

Untuk itu kita akan menggunakan bantuan software Defraggler yang masih saudara kandung dengan CCleaner. Karena keduanya dibuat oleh pihak Piriform. Defraggler adalah salah satu tool defragmentasi terbaik yang bisa di download secara gratis.

Download Defraggler

Itulah beberapa program / software yang berguna untuk meningkatkan kecepatan komputer kita. Semoga dengan melakukan langkah-langkah di atas, komputer / laptop kawan bisa menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Selamat mencoba...

Available link for download